BREAKING NEWS$type=ticker$cols=4

Kreatif Anak Bangsa Yang Berada Di Lapas Pangururan Kab Samosir Butuh Fasilitas Dan Tempat Berkarya

Patroli Hukum Samosir (24/06/2022) Bapak Julius Barus yang menjabat sebagai  Kepala Lapas Kls lll Pangururan , dan Bapak D. Manullang yang m...


Patroli Hukum Samosir (24/06/2022)

Bapak Julius Barus yang menjabat sebagai  Kepala Lapas Kls lll Pangururan , dan Bapak D. Manullang yang menjabat sebagai Kepala Sub Seksi Pembinaan , dengan semangat baru melakukan pembinaan terhadap warga binaan lapas Pangururan Kab. Samosir , dan juga menerapkan inovasi yang bersifat membangun dan merubah sifat dan karakter warga binaan tersebut.


Lapas pangururan yang ada di kab samosir sangat dibutuhkan perluasan lokasi dan tempat ,untuk kebebasan warga binaan lapas tersebut ,karna lapas yang berukuran kurang lebih 50 x50 persegi sangatlah kurang memadai untuk warga binaan yang ada dilapas tersebut.


Skalipun lokasi lapas tersebut kurang memadai, bapak Julius  Barus dan anggota tim lain nya tetap semangat dan aktif untuk membina para warga binaannya yang berada di lapas pangururan ini untuk dapat ber kreatif untuk dapat sebagai pengrajin yang handal, dan hasil yang di buat oleh para warga binaan lapas ini, bisa di jual dan bermanfaat untuk  orang banyak, sesuai dengan kebutuhan pembeli dan pengguna, dan bukan itu saja menurut informasi dari warga binaan lapas ini,,bahwa bapak Julius Barus dan anggota lainnya paling dekat kepada warga binaan yang di lapas yang telah di pimpin nya saat ini.

Inilah harapan dari bapak Julius Barus  sebagai KALAPAS, (kepala lembaga pemasyarakyatan) kab samosir ,

untuk menghidupkan pemikiran pemikiran  para warga binaan nya dilapas pangururan agar tetap berkreatif  dan hasil kreatif nya bisa di perjual belikan dikalangan kab samosir baik pun diluar kabupaten samosir ini.


Adapun hasil karya kreatif warga binaan  lapas pangururan ini ,sebagai berikut ; seperti , membuat asbak , membuat bunga dari batok kelapa ,menganyam tikar dari plastik, menganyam keranjang gandeng dari plastik ,mengukir ,dan membuat menyerupai rumah Adat Batak dan gorga .Inilah  sesuatu keunikan yang bisa diperjual belikan,seperti inilah kesibukan para warga binaan lapas pangururan, kata Bapak Julius Barus  yang menjabat sebagai KALAPAS kls lll pangururan.


Menurut informasi dari warga binaan lapas tersebut , bahwa Bapak Julius Barus beserta anggota lainnya , paling dekat kepada warga binaan lapas yang dipimpinnya sekarang ini , dan Bapak Julius berjanji akan selalu mengarahkan kearah yang lebih baik lagi kedepannya


Berkat pembinaan Bapak Julius Barus dan Bapak D. Manullang , warga binaan Lapas Pangururan , semakin ada kemajuan dan peningkatan taraf pemikiran yang perlu untuk di tingkatkan lagi dengan binaan berkarya seperti yang sudah terlaksana sekarang ini.Demi untuk berkembangnya karya karya anak bangsa ini , sangat perlu perhatian khusus.


Lapas Kls lll Pangururan juga bersosialisasi dengan masyarakyat luas , dengan mendirikan dua klinik Pratama untuk masyarakyat diluar lapas dengan gratis.Dan satu lagi klinik pratama untuk warga binaan lapas.Klinik tersebut dilayani oleh dua Dokter , dua Bidan dan satu Perawat.Klinik Pratama untuk masyarakyat  diluar lapas , telah resmi memiliki ijin beroperasi dari Dinas Perijinan Kabupaten Samosir dan dari Dinas Kesehatan Kabupaten Samosir.


Akhir kata dari Bapak Kalapas Kls lll Pangururan , sangat berharap ada perhatian khusus dari Pemkab Samosir demi meningkatkan karya karya anak lapas Kls lll Pangururan Kabupaten Samosir.

(Ruslan Nurhayati Pakpahan/Red)

COMMENTS