BREAKING NEWS$type=ticker$cols=4

Bupati Taput Terima Bantuan Bencana Alam Gempa Bumi Dari PSBI

Patrolihukum.com, Bupati Tapanuli Utara Drs. Nikson Nababan, M. Si didampingi Kepala BPBD Bonggas Pasaribu dan Kabag Prokopim David Nainggol...


Patrolihukum.com,

Bupati Tapanuli Utara Drs. Nikson Nababan, M. Si didampingi Kepala BPBD Bonggas Pasaribu dan Kabag Prokopim David Nainggolan menerima bantuan tali kasih dari Punguan Simbolon dohot Boruna Indonesia (PSBI) bertempat di Sopo Rakyat Rumah Dinas Bupati Tapanuli Utara, Kamis (13/10/2022). 

Dalam kesempatan tersebut hadir Perwakilan PSBI Corry Simbolon, para Pengurus PSBI Pusat, pengurus perwakilan  wilayah Tapanuli Utara,  wilayah Samosir dan wilayah Tapanuli Tengah. 


Bupati Nikson Nababan menyampaikan ucapan terimakasih atas perhatian PSBI kepada masyarakat Taput yang sedang terdampak gempa. 



"Kami sangat mengapresiasi dan berterima kasih yang setinggi-tingginya atas perhatian PSBI terhadap kami masyarakat Tapanuli Utara yang sedang terdampak gempa bumi yang terjadi tanggal 1 Oktober 2022 yang lalu dan sampai saat ini masih sering terjadi gempa susulan," ujar Bupati mengawali. 


"Bantuan yang diberikan PSBI sebagai bentuk peduli kasih yang terjadi karena ikatan emosional persaudaraan  kita, bantuan ini akan segera kami salurkan dan kiranya bisa mengurangi beban saudara kita yang terdampak gempa yang saat ini sangat membutuhkan, " ujar Bupati menambahi. 


"Dalam kesempatan ini saya juga berharap punguan marga lain di seluruh Indonesia atau organisasi yang lain di Indonesia dapat memberi perhatiannya kepada masyarakat Tapanuli UtaraUtara seperti yang sudah dilakukan oleh PSBI. Doa kami masyarakat Taput untuk PSBI yang sudah datang dan peduli, kiranya selalu dalam perlindungan Tuhan," ujar Bupati mengakhiri. 



Kaban BPBD Bonggas Pasaribu menjelaskan Setelah gempa bumi yang terjadi 1 Oktober 2022 dengan kekuatan 5.8 SR, sampai saat ini tercatat gempa susulan sebanyak 156 kali gempa mengakibatkan banyak kerusakan pada bangunan, seorang meninggal dan beberapa luka ringan. Juga mengakibatkan trauma pada warga yang terdampak gempa. Jumlah rumah rusak akibat terdampak gempa yang tercatat sampai saat ini  adalah sebanyak 1336 unit rumah, rumah ibadah Gereja yang rusak ringan sebanyak 83 unit, Gereja rusak sedang sebanyak 24 unit, Gereja rusak berat sebanyak 3 dan Mesjid 3 unit. Sementara Fasilitas pendidikan yang terdampak gempa sebanyak 54 unit, Fasilitas Kesehatan sebanyak 17 unit, Kantor Pemerintah ada 26 unit dan yang lainnya seperti jalan, jembatan dan  saluran irigasi yang mengalami kerusakan. 


"Hari ini adalah hari ke 13 , kami sudah ditetapkan sebagai darurat bencana di Kabupaten Tapanuli Utara yang berakhir tanggal 14 Oktober 2022. Sudah banyak yang memberikan  perhatian baik dari Pemerintah, Swasta, para Perantau dan masyarakat dari seluruh Indonesia dengan memberikan bantuan yang meringankan beban masyarakat Taput terdampak gempa. Kami juga mengucapkan Terima kasih kepada PSBI yang sudah datang memberikan tali kasihnya, " tutur Bonggas Pasaribu 


Selanjutnya  Perwakilan PSBI Corry Simbolon yang khusus datang dari Jakarta memberikan sambutannya. 

"Bupati Nikson Nababan adalah sahabat PSBI. Karena kasih kami Taput tidak lepas dari keluarga Simbolon. Empati kami bersama warga Taput. 

Kami percaya dibalik ini semua rencana Tuhan pasti indah. 

Kami akan menyampaikan tanda kasih kami dalam bentuk dompet PSBI Peduli. Semoga Bapak Bupati berkenan menerima tali kasih kami, " Ungkap Corry Simbolon. 

Adapun bantuan yang diberikan oleh dompet PSBI peduli adalah sebesar Rp. 100.000.000.

Sebelumnya acara tersebut pada tanggal 12 Oktober 2022, Ketua Umum PSBI yang juga anggota DPR-RI Efendi Simbolon sudah datang bertemu dengan Bupati Nikson Nababan di Sopo Rakyat Rumah Dinas Bupati Tapanuli Utara

(Wahyu/Red)

COMMENTS