BREAKING NEWS$type=ticker$cols=4

Kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa Ke-115 Kodim 0210/TU Dengan Membuka Akses Jalan 1,4 Km Di Desa Hasinggaan , Resmi Di Buka Oleh Bupati Samosir

Patroli Hukum Samosir (11/10/2022) Bupati Samosir Vandiko T. Gultom, ST secara resmi membuka pelaksanaan kegiatan TNI Manunggal Membangun De...



Patroli Hukum Samosir (11/10/2022)

Bupati Samosir Vandiko T. Gultom, ST secara resmi membuka pelaksanaan kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Ke-115 Tahun 2022 di Desa Hasinggaan, ditandai dengan pemukulan gondang didampingi oleh Dandim 0210/TU Letkol Inf. Hari Sandra, Wakil Ketua DPRD Pantas M. Sinaga, Kasi Intel Kejari Samosir Tulus Tampubolon, Wakapolres Samosir Kompol TL. Tobing disela-sela Upacara Pembukaan yang digelar di Tulas, Kecamatan Sianjur Mulamula.


Dandim 0210/TU Letkol Inf. Hari Sandra selaku Dansatgas TMMD Kodim 0210/TU Ke-115 TA. 2022 dalam laporannya menjelaskan pelaksanaan TMMD Ke-115 di Desa Hasinggan, Kecamatan Sianjur Mulamula akan berlangsung sejak 11 Oktober s.d 09 Nopember 2022 dengan sasaran kegiatan diantaranya pembukaan jalan baru sepanjang 1.400 M, pembuatan gorong-gorong sebanyak 5 unit, pembuatan DYIK TPT sepanjang 500 M, dan pembuatan jembatan darurat sebanyak 2 unit. Selain itu, juga akan dilaksanakan kegiatan non fisik yakni penyuluhan PBBN, penyuluhan wawasan nusantara, penyuluhan hukum, penyuluhan narkoba, penyuluhan KB dan penyuluhan stunting, dengan bekerjasama dengan OPD terkait.


Hari Sandra menjelaskan dalam pelaksanaan TMMD di Desa Hasinggaan akan menerjunkan personil sebanyak 150 orang, terdiri dari Ko. Satgas 15 orang, Tim Asistensi 25 orang, SSK sebanyak 110 orang (gabungan dari TNI AD, TNI AU, TNI AL dan Polres Samosir),  serta dibantu oleh masyarakat sekitar. Sejumlah peralatan juga sudah diturunkan dilokasi seperti excavator, Louder, Breaker dan peralatan pendukung lainnya. Dijelaskan bahwa, seluruh pembiayaan kegiatan ini adalah dari dukungan Pemerintah Kabupaten Samosir melalui APBD TA. 2022.


Dala sambutannya Bupati Samosir Vandiko T. Gultom, ST , mengatakan Program TMMD merupakan kerjasama MoU antara TNI dengan Kemendagri  yang sudah berjalan selama ini. Pembinaan terpadu oleh TNI adalah untuk mewujudkan rakyat berjuang serta kemanunggalan TNI/Rakyat melalui kegiatan yang bersifat lintas sektoral, terpadu, melibatkan seluruh komponen bangsa dengan mengedepankan kesejahteraan masyarakat tanpa mengabaikan kesiapsiagaan dalam melaksanakan tugas ketahanan negara yang dikemas dalam kegiatan Bhakti TNI.


Bupati menyampaikan bahwa Pemerintah Kabupaten Samosir bersama dengan masyarakat mendukung sepenuhnya pelaksanaan progam TMMD di Kabupaten Samosir. Desa Hasinggaan merupakan daerah terpencil dan terisolir dimana akses jalan sampai dengan saat ini masih ditempuh melalui jalur danau (kapal). Disisi lain, Desa Hasinggaan merupakan daerah potensial untuk pertanian, seperti Padi, Kopi, Jagung dan Bawang Merah, yang didistribusikan melalui Kapal menuju desa tetangga/Kecamatan.


"Dengan pembukaan jalan ini, maka akan membuka akses yang dapat menghubungkan antar desa bahkan antar Kabupaten yaitu Kabupaten Dairi melalui Jalan Binangara, sekaligus menuju akses jalan pesisir pantai Danau Toba, yakni Humbahas - Samosir - Dairi - Karo", ujarnya.


Dalam acara pembukaan tersebut turut hadir diantaranya Kasdim 0210/TU Mayor. Arh. AS. Butarbutar, SH, Asisten, Pimpinan OPD, Camat Sianjur Mulamula, Tim Bupati Percepatan Pembangunan, Kepala Desa dan BPD Hasinggaan, Tokoh Agama dan Tokoh Masyarakat, warga Desa Hasinggaan, serta 110 personel gabungan yang akan diterjunkan ke lokasi.


Usai menggelar upacara pembukaan, Bupati Samosir bersama Dandim 0210/TU, Forkompinda, Asisten I, Pimpinan OPD terkait bergerak menuju Desa Hasinggahan untuk melakukan peninjauan ke lokasi kegiatan sekaligus melakukan interaksi dengan masyarakat sekitar.

(Ruslan Nurhayati Pakpahan/red)

COMMENTS