BREAKING NEWS$type=ticker$cols=4

Kepedulian Kepada Siswa, Satgas Pamtas Yonif Raider 142/KJ Ajarkan Cara Bercocok Tanam

Patrolihukum.com, (Mamberamo Raya). Satgas Pamtas Yonif Raider 142/KJ memilki inovasi tersendiri, demi mencerdaskan anak-anak di sekolah men...

Patrolihukum.com,

(Mamberamo Raya). Satgas Pamtas Yonif Raider 142/KJ memilki inovasi tersendiri, demi mencerdaskan anak-anak di sekolah mengajarkan siswa SMAN 1 Dabra tata cara bercocok tanam yaitu dengan melakukan pembibitan dan cara menanam sayur, bertempat di SMAN 1 Dabra, Distrik Mamberamo Hulu, Kabupaten Mamberamo Raya, Papua, Senin (10/10/2022)


Dalam keterangannya, Danpos Dabra Satgas Pamtas yonif Raider 142/KJ Lettu Inf Jefri Gunawan mengatakan, melakukan kegiatan tersebut demi mencerdaskan anak-anak penerus Bangsa, sehingga melihat ada lahan kosong di sebelah SMAN 1 Dabra. Kemudian meminta ijin dengan pihak sekolah untuk membuka lahan tersebut bersama dengan para siswa.


"Disinilah kita fokuskan apa yang akan kita berikan dengan para siswa, kita lakukan pembelajaran tentang tata cara pembibitan serta bercocok tanam sayuran," jelas Danpos Dabra Satgas Pamtas yonif Raider 142/KJ Lettu Inf Jefri Gunawan.


"Tata cara pembibitan kita ajarkan hanya sekilas saja. Bibit sudah kita bawa dari pos, kita ajarkan kepada para siswa menanam terong, cabe dan kangkung," jelasnya. 


Lebih lanjut Danpos Dabra menyampaikan bahwa untuk penanaman terong. Memasukkan bibit yang sudah berumur 25 hari yang telah disiapkan atau sudah berdaun 4 helai ke dalam lubang  di tengahnya, dengan kedalaman kurang lebih 5 cm, lalu tanam bibit terong di lubang.


"Untuk bibit cabe, ambil bibit dengan kondisi baik dan siap tanam. Masukkan bibit dalam lubang tanam, lalu tambahkan sedikit pupuk kandang dan tutup dengan tanah. Apabila saat musim kemarau, siram tanaman setiap hari sekali, jika musim hujan sesuaikan dengan intensitas air hujan,” ucap Danpos Dabra. 


Lettu Inf Jefri Gunawan juga mengatakan, bahkan bisa menambahkan penutup tanaman untuk mengurangi penguapan lahan tanam. Itulah pemeliharaan dan Perawatan untuk tanaman cabe. 


Sementara untuk kangkung, Danpos Dabra Satgas Pamtas Yonif Raider 142/KJ mengungkapkan perlu memilih benih kangkung yang berkualitas, menyiapkan media tanam, memberi pupuk secukupnya, kemudian membuat lubang-lubang untuk menanam. Setelah itu tanam benih dan beri campuran pupuk dengan tanah. Untuk menjaga tetep tumbuh lakukan penyiraman rutin, pangkas bagian kangkung yang rusak.


"Dari kesemuanya yang Kita sampaikan kepada para siswa menanam, sebaiknya agar dilakukan pada sore hari," jelas Danpos Dabra Satgas Pamtas yonif Raider 142/KJ Lettu Inf Jefri Gunawan.


Beberapa Siswa atas nama Jecko, Samuel, Ike, Nety dan Helda cukup antusias memperhatikan penjelasan dari personel Satgas dengan langsung mempraktekkan cara menanam yang benar.


"Tidak mudah untuk menanam sayuran, cuma kita bisa mengerti dan sekarang tahu tanam terong, cabe dan kangkung. Terima kasih Abang Tentara," ungkap siswa.


Autentikasi : papen Satgas Yonif Raider 142/KJ Letda Chk Ade Chandra, S.H.

COMMENTS