BREAKING NEWS$type=ticker$cols=4

Pangkogabwilhan I Hadiri Peringatan Hari Armada RI Tahun 2022

Patrolihukum.com, (Kepri). Pangkogabwilhan I Laksdya TNI Muhammad Ali, S.E., M.M., M.Tr.Opsla. menghadiri upacara Parade dan Defile dalam ra...


Patrolihukum.com,

(Kepri). Pangkogabwilhan I Laksdya TNI Muhammad Ali, S.E., M.M., M.Tr.Opsla. menghadiri upacara Parade dan Defile dalam rangka Hari Armada tahun 2022 dengan Inspektur Upacara Wakasal Laksdya TNI Ahmadi Heri Purwono, bertempat di Mako Koarmada I di Tanjungpinang, Kepulauan Riau, Senin (5/12/2022). 


Pada upacara tersebut, Pangkogabwilhan I didampingi Kas kogabwilhan I Mayjen TNI Lismer Lumban Siantar, S.I.P., Ketua IKKT Pragati Wira Anggini CBS XI Kogabwilhan I Ny. Fera Muhammad Ali, Wakil Ketua IKKT Pragati Wira Anggini CBS XI Kogabwilhan I Ny. Yeanny Lismer dan para Pejabat lainnya. 


Upacara Hari Armada RI dilanjutkan dengan Peresmian Markas Komando Operasi bertepatan di lapangan upacara Markas Komando Armada I di Tanjungpinang, Dengan pindahnya Komando Armada I ke Tanjungpinang, maka satuan di bawahnya juga ikut pindah, di antaranya Markas Komando Pangkalan Utama TNI IV/Tanjungpinang pindah ke Batam.


Lalu Pangkalan TNI AL Batam pindah ke Tanjunguban, Kabupaten Bintan. Sedangkan Gugus Tempur Laut Komando Armada I dari Jakarta pindah ke Ranai, Kabupaten Kepulauan Natuna. Sementara, Gugus Keamanan Laut Komando Armada I pindah dari Batam ke Sabang, Aceh.


Dengan demikian, mendekatkan pasukan dan unsur-unsur kekuatan pada titik-titik yang berpotensi menjadi wilayah konflik merupakan suatu langkah yang diambil TNI dan secara khusus adalah TNI AL, sehingga garis logistik bisa lebih dekat dan mempersingkat waktu untuk menggelar pasukan dan kekuatan. 


Wakal Laksdya TNI Ahmadi Heri Purwono menyebut dampaknya sangat efisien dari sisi penggunaan BBM maupun kecepatan bergerak dalam mengantisipasi gangguan keamanan di Selat Malaka sebagai jalur perdagangan internasional yang berada di antara Malaysia dan Pulau Sumatera, Indonesia.


“Oleh karena itu, melalui pemindahan Markas Komando Armada I dan satuan jajaran TNI AL akan meningkatkan mobilitas dan mempercepat waktu reaksi pengerahan kekuatan kapanpun dan dimanapun dibutuhkan,” ujarnya. 


Autentikasi : Penerangan Kogabwilhan I

COMMENTS