Magspot Blogger Template

Mantap, Hari ini Satgas Linmas Kabupaten, Satgas Linmas Kecamatan dan Satlinmas Desa/Kelurahan Sekabupaten Dairi Di Kukuhkan


Patrolihukum.com,

Dairi------ Pemerintah Kabupaten Dairi menggelar upacara pengukuhan anggota Satuan Tugas Linmas (Satgas Linmas) Kabupaten, Satgas Linmas Kecamatan dan Satgas Linmas Desa/Kelurahan di lapangan Stadion Utama Sidikalang, Kecamatan Sitinjo Kabupaten Dairi.pada Senin 18 Desember 2023 pukul 10.00 WIB.


Bupati Dairi DR Eddy Kelleng Ate Berutu bertindak sebagai Inspektur upacara dengan perwira upacara Horas Pardede yang kesehariannya menjabat sebagai Kasatpol PP kabupaten Dairi dan Komandan upacara Hairun Bintang Anggota Satpol-PP diikuti oleh seluruh satgas linmas.


Dalam amanatnya Bupati Dairi DR Eddy Kelleng Ate Berutu mengatakan Linmas adalah segenap upaya dan kegiatan yang dilakukan dalam rangka melindungi masyarakat dari gangguan yang diakibatkan oleh bencana serta upaya untuk melaksanakan tugas membantu penanganan bencana guna mengurangi dan memperkecil akibat bencana, membantu memelihara keamanan, ketenteraman dan ketertiban masyarakat, membantu kegiatan sosial kemasyarakatan, membantu memelihara ketenteraman dan ketetrtiban pada saat pemilihan kepala desa, pemilihan kepala daerah dan pemilihan umum, serta membantu  upaya pertahanan Negara.


"Pengukuhan Satlinmas ini juga merupakan bagian dari terwujudnya Good Governance, yaitu salah satu Misi Pemerintah Kabupaten Dairi. dimana dengan adanya lingkungan aman dan nyaman dan dapat melakukan penyelesaian pelanggaran K3 (Ketertiban, ketentraman, keindahan) maka hal ini dapat membantu dalam mewujudkan clean government terkhusus dalam hal ini Pemilu yang akan datang,"ujar Bupati 


Lanjut, Untuk menjadikan Satlinmas yang dapat diandalkan, Pemerintah Kabupaten Dairi melalui Satuan Polisi Pamong Praja Kab. Dairi telah melaksanakan pelatihan bagi anggota Satlinmas Desa/Kelurahan di 15 Kecamatan dengan materi Tugas/pokok dan fungsi Satlinmas, Pelatihan dasar peraturan baris-berbaris (PBB) dan pelatihan beladiri praktis.


Satlinmas yang kita miliki yakni sudah terbentuk di 161 Desa dan 8 Kelurahan se-Kabupaten Dairi dan Satlinmas Desa / Kelurahan yang terbentuk baru 1 (satu) regu dengan struktur satu orang Kepala Satlinmas, satu orang Kepala Pelaksana, satu orang Komandan Regu dan 5 (lima) orang anggota.," jelas Bupati 


Bupati juga berharap Anggota Satlinmas yang baru dilantik dapat melaksanakan tugas dengan baik, menjadi teladan contoh untuk masyarakat di lingkungannya karena Linmas adalah ujung tombak ketentraman di masyarakat dan linmas adalah tenaga sukarela. 


Satlinmas harus mampu mengantisipasi tantangan dan peluang yang berkembang di masyarakat baik dalam deteksi dini berbagai hal membantu memelihara dan menjaga ketertiban umum , kentramanan dan perlindungan masyarakat di Kabupaten Dairi.


Saya mengajak seluruh jajaran Satlinmas untuk bergandengan tangan, meningkatkan kesiapsiagaan dalam menjaga ketenteraman dan ketertiban umum, khususnya dalam rangka menyambut adanya hajat besar Pemilu Tahun 2024. 


Tingkatkan kewaspadaan, mampu mendeteksi sejak dini terhadap potensi yang bisa menimbulkan ancaman dan gangguan sehingga tratibmas bisa terjaga di wilayah kerja masing-masing. 


Selamat atas dilantiknya seluruh Satgas dan Satlinmas. Selamat menjalankan tugas anda seluruhnya termasuk sebagai salah satu garda terdepan di TPS (Tempat Pemungutan Suara).


Semoga pelaksanaan Pemilu 2024 dapat berjalan dengan baik dan seluruh Linmas yang bertugas dalam pelaksanaan Pemilu 2024 dapat diberikan kesehatan untuk bisa bersama-sama menyukseskan pelaksanaan Pemilu


Sementara itu, Kepala Satpol PP Kabupaten Dairi Horas Pardede menjelaskan, kewenangan perlindungan masyarakat menjadi tanggungjawab instansinya. Pengukuhan satgas linmas ini merupakan amanat Permendagri Nomor 26 Tahun 2020.


“Tujuannya agar, Satgas dan Satlinmas selalu siaga dalam mencegah dan mengendalikan masalah di masyarakat dengan perlindungan masyarakat yang profesional,” pungkasnya.


Turut Hadir dalam Upacara Pengukuhan tersebut Bupati Dairi DR. Eddy Kelleng Ate Berutu. Dandim 0206/Dairi Letkol Inf Goklas Pirtahan Silaban diwakili Danramil 02/Sidikalang Kapten Inf A Siregar, Kapolres Dairi diwakili Kasat Samapta Polres Dairi AKP Tugono, Kasatpol PP Provinsi sumut yg diwakilkan oleh Kasi Linmas (sirait) dan fungsional linmas (keliat), Para Pimpinan OPD Kabupaten Dairi, Para Camat se-kabupaten Dairi, Para Kepala Desa/ Lurah se-kabupaten Dairi.(Samuel/Red)

Post a Comment

Previous Post Next Post

نموذج الاتصال